Masjidil Haram

Kubah Masjidil Haram
Masjidil haram yaitu sebuah bangunan masjid yang berada di pusat kota mekah. Pastinya dilihat sebagai tempat tersuci untuk umat islam. Masjid ini adalah tujuan paling utama ketika menunaikan beribadah haji. Masjid ini didesain dengan bangunan melingkari ka’bah sebagai arah kiblat untuk umat islam dalam mengerjakan beribadah solat. Masjid ini adalah masjid paling besar didunia, serta diikuti oleh masjid nabawi di madinah sebagai masjid paling besar ke-2 didunia dan merupakan dua masjid suci paling utama untuk kaum muslim se dunia. setiap bangunan masjid yang ada kubahnya tentu jasa kontraktor sangat diperlukan dengan harga kubah masjid murah dan kualitasnya sesuai, bahan yang dipakai untuk kubah juga bermacam ada kubah masjid baja ringan, kubah grc serta masih banyak yang lain.

1. luas keseluruhnya masjidil haram
Luas masjid ini menjangkau 356. 800m2 (3. 841. 000 sq ft) dengan kemampuan dapat menampung jamaah sejumlah 820. 000 jamaah saat musim haji dan dapat bertambah menjadi dua juta jamaah disaat salat ID. Kepentingan masjid ini begitu di perhitungkan dalam agama islam, karna selain menjadi pusat kiblat, masjid inilah sebagai tempat bagi semua jamaah haji untuk melakukan rukun disaat haji yakni tawaf serta sa’i.

2. pengertian masjidil haram
Masjidil haram tidak disimpulkan sebagai masjid di kota mekah saja beberapa ulama berbeda pendapat tentang hal ini, ada yang menyebutkan kalau makna masjidil haram yaitu semua tempat di kota mekkah, imam bessar masjid ini bernama syaikh Abdurrahman as sudais, beliau adalah seseorang imam yang sangat dikenal dalam membaca al-qur’an dengan artikulasi yang demikian jelas serta suaranya yang begitu merdu dan syaiikh shuraim. Muadzin besar dan yang paling senior di masjidil haram yaitu ahmed mulla. Nada adzannya begitu terkenal didunia islam termasuk yang nada adzannya. termasuk juga pada media internasional

3. sejarah masjidil haram tidak dapat di lepas yakni dari pembangunan ka’bah jauh sebelumnya nabi adam di buat. Setelah nabi adam dan hawa di ciptakan lalu diturunkan ke bumi, mereka di utuskan oleh allah untuk membangun di satu lembah yang bernama bakkah (sekarang ini jadi sisi kota mekkah al-karomah). Bangunan itu hancur karena air bah pada saat nabi nuh. Beberapa era lalu, allah memerintahkan pada nabi isma’il untuk membuat satu bangunan di dalam perempatan kota mekkah untuk di menjadikan tempat yang suci atau tempat melaksanakan ibadah umat islam. Mereka berdualah yang pertama kali meletakan hajar aswad serta makam Ibrahim di sekitaran ka’bah.

4. masa jahiliyah
Masjidil haram menjadi salah satu pusat atau tujuan utama beberapa peziarah, terutama ka’bah. Oleh sebab itu abrahah dari yaman, merasa iri dan ingin menghancurkan bangunan ka’bah, abrahah membawa pasukan gajah untuk menghancurkan ka’bah tersebut . Ketika dalam perjalanan semuanya pasukan itu di lempari batu berapi dari neraka yang di bawa oleh burung ababil, sehingga pasukan itu mati dalam kondisi badan yang rusak dan berlubang-lubang.

5. payung besar di masjidil haram
Payung penutup masjidil haram yang melindungi para jamaah saat melaksanakan ibadah, sudah mulai di gunakan. Sistem itu telah di mulai pada kamis 17 maret 2016 waktu setempat. “ pekerjaan instalasi payung lipat terbesar didunia halaman utara masjidil haram di mekkah di mulai” kata pihak berwenang seperti di kutip dari Saudi gazette, jumat (18-3-2016). Pemasangan ini adalah yang pertama dari 8 payung raksasa berteknologi tinggi, di tambah 5 memiliki ukuran kecil yang di pasang di masjidil haram .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *