Masjid Kubus

Masjid Kubus atau Masjid Al – Irsyad merupakan bangunan masjid yang berada di kawasan kota baru , Parahyangan, Bandung Barat. Masjid kubus ini sudah banyak menarik perhatian banyak orang. Jika biasanya bangunan masjid memiliki sebuah kubah namun beda dengan masjid ini yang memiliki bentuk kubus mirip dengan bangunan ka’bah. Masjid ini merupakan desain dari seorang walikota bandung  yakni Bapak Ridwan Kamil. Untuk menciptakan bangunan masjid yang indah tentu peran seorang kontraktor kubah masjid juga dibutuhkan.

Arsitektur Masjid Kubus

Bagian dinding masjid ini sangat terlihat mengagumkan karena batu bata yang disusun membentuk celah yang apabila dilihat dari kejauhan akan terlihat lafaz arab yakni kalimat tauhid ” Laa ilaha illallah Muhammad Rasulullah” yang memiliki arti tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah. Selain mempunyai fungsi yang artistik dinding yang memiliki celah ini juga berfungsi sebagai ruang ventilasi udara. Apabila hari sudah gelap lampu di masjid ini akan dinyalakan dan dari cahaya lampu ini akan menerobos melalui ruangan ventilasi sehingga jika dilihat dari luar akan terlihat pancaran cahaya yang membentuk kalimat tauhid. Subhanallah itu sangat mengagumkan.

Mungkin orang yang melihat susunan batu bata dari dalam akan terlihat berantakan batu bata tersebut, tetapi jika dilihat dari luar celah dari dinding tersebut akan membentuk sebuah tulisan. Secara keseluruhan masjid Masjid Kubus ini mempunyai 3 warna yakni putih, abu-abu dan juga hitam. Dengan warna yang begitu sedikitnya justru akan membuat masjid ini jadi tampak lebih indah, modern serta pastinya nampak elegan serta simpel. Di bagian interior Masjid Kubus ini terdapat 99 buah lampu yang setara dengan jumlah asmaul husna, setiap lampu yang memiliki bentuk kubus ini terdapat tulisan nama Allah.

Keunikan dari masjid ini makin terlihat pada bagian mihrabnya yang langsung menghadap ke alam terbuka. Mimbar khatib dirancang di atas air dengan bola besar yang ada tulisan kaligrafinya. Masjid Kubus ini dapat menampung kira kira 1.500 jamaah, karena pada ruangan masjid ini tidak ada pilar atau tiang yang menompang atap dari masjid ini sehingga dengan tidak adanya sebuah tiang atau pilar tersebut akan membuat ruangan di dalam masjid ini makin luas. Dengan adanya celah pada masjid ini sehingga tak dibutuhkan sebuah kipas angin karena sudah ada sirkulasi udara yang masuk pada bagian ventilasi udaranya.

Halaman yang dirancang pada Masjid Kubus ini dirancanag dengan bentuk garis garis yang melingkar. Setiap harinya masjid ini tidak hanya dikunjungi oleh masyarakat yang berada di sekitar kawasan bandung sja melainkan dari seluruh penjuru nusantara juga mengunjungi masjid ini untuk melihat keunikan dari desain masjid Masjid Kubus ini.

Masjid Kubus ini mampu meraup penghargaan bergengsi tingkat dunia sebagai salah sastu desain terbaik untuk tempat beribadah di dunia.. Menurut  Ridwan Kamil Masjid Kubus ini terinspirasi oleh bangunan ka’bah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *