Masjid Agung Al -Azhar

Masjid Agung Al -Azhar ini berada di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Masjid ini merupakan masjid yang cukup populer pada tahun 1952 dan sampai saat ini. Masjid ini dianggap cukup populer karena kemampuan dari masjid ini yang dapat digunakan sebagai pusat kegiatan umat. Para pendiri masjid ini menginginkan agar masjid ini dipakai sebagai pusat aktivitas sehingga dapat mengembalikan bangunan masjid sebagai pusat untuk peradapan. Setiap masjid yang bagus tentu membutuhkan seorang kontraktor kubah masjid yang sudah handal.

Sejarah Masjid Agung Al -Azhar

Masjid ini dibangun pada 19 November 1953 yang mana saat peletakan batu pertama untuk pembangunan masjid ini dilakukan oleh R. Sardjono yang mewakili walikota jakarta dan selwsai untuk pembangunan masjid ini pada tahun 1958 dan memiliki nama resmi Masjid Agung Kebayoran. Kemudian nama dari masjid ini berubah dengan nama Masjid Agung Al -Azhar Kebayoran Baru, perubahan nama ini dilakukan karena menyusul kedatangan Rektor Universitas Al РAzhar yakni Dr. Mahmoud Syaltout dan beliau memberikan nama masjid ini Masjid Agung Al -Azhar, Kebayoran Baru. Seorang imam pertama masjid ini adalah Prof. DR. Haji Muhammad Abdul Karim atau akrab disapa dengan Buya Hamka. Buya  Hamka inilah yang mentradisikan bahwa ada aktivitas kuliah subuh, pengajian pada hari ahad serta kuliah pada bulan ramadhan di masjid ini.

Aktivitas di Masjid Agung Al -Azhar

Kegiatan yang sudah ada atau sudah tradisi di masjid ini adalah kuliah subuh, pengajian ahadnya, dan juga kuliah pada bulan ramadhan yang sudah ada pada masa Buya Hamka, selain itu ada juga kegiatan majlis taklim, studi islam, Kursus Kader Mubaligh, kursus bahasa dan dakwah yang ada di Masjid Agung Al -Azhar ini. Kegiatan ini menerima jamaah dari daerah lainnya dan kegiatan ini juga dapat diikuti oleh seluruh masyarakat. Setiap bulan Ramadhan tiba para pengurus dari masjid ini menyusun berbagai kegiatan islami yang bersifat rutin atu non-rutin. Sedangkan untuk kegiatan untuk remaja ditangani dengan Youth Islamic Study Club (YISC). Sebelum menunaikan ibadah solat subuh, solat dhuhur dan juga ketika sebelum berbuka puasa jamaah yang ada di Masjid Agung Al -Azhar ini mendapat pencerahan dari kegiatan atau program kultum. Kegiatan ruti yang dilakukan saat bulan Ramadhan ini berawal dari subuh sampai malam hari , sedangkan kegiatan saat bulan ramadhan yang non rutin dilakukan adalah bazar di lapangan parkir dan untuk kampung ramadhan di lapangan hijau Masjid Agung Al -Azhar. Selain itu saat bulan ramadhan ada acara buka puasa yang diperuntukkan bagi anak anak yakim dan juga kaum duava digelar di ruangan aula Buya Hamka, tidak hanya itu juga ada buka puasa yang digelar di lokasi yang tidak biasa yakni di rumah tahanan negara seperti dilakukan di Rutan Pondok Bambu, Lapas anak Tangerang serta lapas pemuda yang ada di Tangerang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *